'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Profil
Q-TA Aisyiyah Banjarnegara Wujud Warga Aisyiyah Ikut Bangun Ekonomi Bangsa
30 September 2019 23:10 WIB | dibaca 29

 

          Hal yang besar bermula dari hal yang kecil. Demikian juga masalah ekonomi bangsa. Betapa masalah ekonomi menjadi hal yang sangat penting dalam tegak dan majunya suat bangsa. Ekonomi akan menjadi tolok ukur bagi maju mundurnya suatu bangsa. Dalam lingkup yang sangat kecil, misalnya dalam lingkup suatu keluarga, kondisi ekonomi seringkali menjadi barometer atau ukuran kesejahteraan suatu keluarga. Maka tak heran bila dalam organisasi Aisyiyah Majelis Ekonomi juga menjadi penopang yang sangat penting bagi kelancaran organisasi. Mengapa demikian ? Tentu karena suatu organisasi sangat membutuhkan dana untuk bisa berjalan dan menjalankan semua program kerjanya. Salah satu yang menjadi penyangga dana dalam Aisyiyah adalah Majelis Ekonomi. Biasanya ketika MEK nya maju maka kegiatan yang lainpun bisa berjalan tanpa harus terkendala dana.

            Salah satu gebrakan MEK Aiayiyah yang menjadi andalan adalah didirikannya Toko Q-TA. Toko Q TA ini menjadi program yang berjenjang dari tingkat pusat hingga ke daerah. Walaupun pada kenyataannya belum semua daerah bisa mewujudkan program tersebut. Hal ini tentunya karena beberapa faktor yang mempengaruhinya, disamping memang kondisi daerah yang satu dengan yang lain juga berbeda.

            PDA Banjarnegara, merupakan salah satu PDA yang ada di wilayah Jawa Tengah. Banjarnegara merupakan salah satu Kabupaten di Jawa tengah yang secara geografis rawan bencana karena sebagian besar wilayahnya berupa bukit dan pegunungan. Sedang secara ekonomi juga masih cukup memprihatinkan, karena dulu masuk dalam kategori kabupaten tertinggal. Namun seiring berjalannya waktu Kabupaten Banjarnegara mulai berbenah. Pembangunan infrastutur mulai digencarkan, hal ini dilaksudkan agar rakyat bisa mudah menikmati fasilitas jalan, pasar, saluran air, dll hingga pada akhirnya bisa meningkat ekonominya.

          Aisyiyah sebagai gerakan perempuan berkemajuanpun tak ingin berpangku tangan. Dengan bermodalkan niat yang ikhlas, semangat yang kuat dan pantang menyerah, PDA Banjarnegara pada tahun 2018 memberanikan diri merintis berdirinya Toko Q-TA.

          Melalui pembahasan dan musyawarah yang cukup intens sejak awal tahun, akhirnya pada pertengahan tahun 2018,  PDA Banjarnegara berhasil mendirikan Toko Q-TA. Toko Q-TA Aisyiyah Banjarnegara berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Dekat perempatan Buntil  Banjarnegara. Menggunakan Kios yang berada di lantai satu Gedung NA dan Aisyiyah Baru. Dengan modal awal dari MEK sekitar 20 juta ditambah dengan penanaman saham dari PCA se daerah Banjarnegara dan dari pengurus PDA sekitar 24 juta maka resmilah pada bulan September 2018 toko Q-TA Aisyiyah Banjarnegara beroperasi. Toko Q-TA Aisyiyah Banjarnegara menyediakan berbagai kebutuhan pokok atau  kebutuhan sehari-hari, pakaian dan atribut Aisyiyah, buku, dan juga menerima pesanan.

        Keberadaan toko Q-TA ini selain untuk memenuhi kebutuhan para anggotanya juga untuk memenuhi kebutuhan warga sekitar.

            Alhamdulillah perkembangannya cukup bagus, artinya konsumennya cukup ramai. Walaupun belum lama berdiri namun toko Q-TA sudah mampu menyediakan berbagai kebutuhan sesuai permintaan konsumen. Insyaallah jika ini terus berlanjut, kualitas pelayanan terus dipertahankan dan ditingkatkan, keberagaman barang terus ditambah tidak mustahil suatu saat toko Q-TA akan menjadi tujuan utama warga Banjarnegara saat berbelanja.

            Walaupun mungkin pembentukan Toko Q-TA ini hanya ibarat tumbuhnya sebatang tanaman mawar di taman bunga, tapi insyaalh akan mampu memberi warna dan aroma serta menambah keindahan taman tersebut. Walaupun mungkin jika diukur secara ekonomi bangsa, Toko Q-TA ini sangat kecil, namun setidaknya ini merupakan wujud nyata dari kepedulian warga Aisyiyah dalam ikut membangun ekonomi Banjarnegara khususnya dan ekonomi Indonesia pada umumnya. Semoga ekonomi Aisyiyah ke depan semakin kuat seiring berjalannya waktu, demikian juga ekononomi bangsa ini.( Parijem, LPPA PDA Banjarnegara)

Shared Post:
Arsip
Berita Terbaru