'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
SOSIALISASI TENTANG KEBENCANAAN OLEH BPBD BANJARNEGARA PADA PENGAJIAN PIMPINAN CABANG DAN DAERAH AISYIYAH BANJARNEGARA
07 Juni 2017 06:31 WIB | dibaca 450

SOSIALISASI TENTANG KEBENCANAAN  OLEH BPBD BANJARNEGARA PADA PENGAJIAN PIMPINAN  CABANG DAN DAERAH AISYIYAH BANJARNEGARA

     

            Beberapa waktu yang lalu, tepatnya Hari  Minggu 4 Juni 2017 PDA Banjarnegara  bekerja sama dengan BPBD  Banjarnegara mengadakan pengajian untuk pinpinan cabang dan Pimpinan Daerah Aisyiyah sekaligus pemahaman tentang kebencanaan.

Kegiatan diikuti oleh sekitar 60 orang   terdiri dari  ibu-ibu unsur PDA dan Aisyiyah Cabang se-Kabupaten Banjarnegara. Kegiatan ini selain untuk mengisi Bulan Ramadhan dengan berbagai ilmu agama juga untuk memberi pemahaman  tentang  encana dan berbagai seluk beluknya.

Kegiatan dilaksanakan di Gedung Aisyiyah Banjarnegara. Hadir menyampaikan materi, Kepala BPBD Banjarnegara, Bapak Drs. Arif Rahman, ST, M.Si.   Dalam paparannya Kepala BPBD menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan BPBD Banjarnegaradan kebencanaan .  BPBD  Banjarnegara mempunyai visi mewujudkan masyarakat Banjarnegara yang tangguh  dalam penanggulangan bencana. Sedang Misinya antara lain : mengembangkan tata kelola   penanggulangan bencana yang mantap, Membangun kerjasama antar pemangku kepentingan dalam penanggulangan bencna, Meningkatkan kapasitas aparatur dan masyarakat dalam penanggulangan bencana, Mencegah dan mengurangi resiko bencana, Menyiapkan sarana dan prasarana penanggulangan bencana, Melaksanakanpenanggulangan bencana sesuai azas dan prinsip penanggulangan bencana.

Banjarnegara yang merupakan daerah rawan bencana memang perlu sekali warganya diberi pemahaman tentang seluk beluk bencana sehingga bisa lebih waspada dan bisa meminimalisir korban mengingat selama ini di Banjarnegara sering terjadi bencana besar. Masih lekat diingatan kita Longsor Gunung Raja Sijeruk dan longsor Jemblung yang menewaskan  ratusan orang, belum lagi bencana gas beracun di dataran Dieng dan berbagai longsor dikecamatan Pagentan, Madukara, Punggelan, Susukan, dan Wanayasa. Semua itu menjadikan keprihatinan semua pihak dan perlu disikapi dengan arif dan bijaksana.  Maka tepat sekali jika PDA dan BPBD mengadakan kerjasama dibidang penanggulangan bencana karena keduanya bisa bersinergi, bahu membahu, saling bantu dan melengkapai untuk mewujudkan masyarakat Banjarnegara yang aman dan nyaman. PDA juga mempunya Lembaga Lingkungan dan Penanggulangan Bencana yang bisa diberdayakan untuk membantu masyarakat. Lebih lanjut Kepala BPBD juga mengharapkan agar warga aisyiyah ikut aktif berpartisipasi menggerakan masyarakat sadar akan pememliharaan lingkungan antara lain dengan menghimbau penanaman pohon aren, beringin dan kopi sebagai penguat tanah dan sumber mata air. ( By Parijem, LPPA  Banjarnegara)

       

Drs Arif Rahman, ST, M.Si, Kepala BPBD Banjarnegara memberikan paparannya
                                                                                                                               

 

 

 

                                              

Shared Post:
Berita Terkomentari