'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
PWA Jawa Tengah Selenggarakan Pendidikan Paralegal
30 November 2021 20:17 WIB | dibaca 40

Dalam rangka meningkatkan SDM khususnya paralegal di masing-masing daerah dengan berbagai latar belakang keahlian dan bidang  dan untuk bisa membantu masyarakat dalam memenuhi  hak keadilan,  PWA  Jawa Tengah menyelenggarakan Pendidikan Paralegal.

                Kegiatan Pendidikan Paralegal diikuti oleh Majelis Hukum dan HAM PDA se-Jawa Tengah sebanyak 70 orang. Masing-masing PDA mengirimkan paling sedikit 2 peserta.  Kegaiatan dilaksanakan selama tiga hari yaitu Jumat-Ahad tanggal 26 – 28 Nopember 2021.  Kegiatan Pendidikan paralegal diselenggarakan di Sekretariat MHH PWA Jawa tengah. Kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan Assisten Advokat yang handal yang siap mendampingi masyarakat (klien) di setiap proses hukum, baik secara litigasi maupun non litigasi ( di dalam amupun di luar proses pengadilan).

                Kegiatan Pendidikan Paralegal ini menggunakan metode paparan dari narasumber, diskusi, curah pendapat, dan Role Play Materi.  Materi pelatihan antara lain: 1) Peran Aisyiyah dalam perlindungan perempuan, anak dan difabel korban kekerasan, 2) Identifikasi kekerasan dan etika berinteraksi dengan difabel, 3) Dampak kekerasan terhadap perempuan, anak dan difabel, 4) Perlindungan Hukum bagi Anak Sebagai korban kekerasan (UU No  17 tahun 2016), 5) Keparalegalan (dasar hukum, fungsi, peran dan kode etik dan implementasi bantuan hukum dalam perlindungan perempuan korban kekerasan, 6) Pemulihan Psikologi, pemulihan, mental dan spiritual, 7) Sengketa Hukum Keluarga dalam Islam, 8) Teknik Kewarisan dalam Islam, 9) eknik Pelaporan Pidana dan Pemantauan Perkara Pidana bagi korban KTPA, 10) Praktik Laporan PIdana, 11) Teknik Bantuan hukum Non Ligitasi, 12) Teknik bantuan hukum perdata, 13) Role play pendampingan hukum non ligitasi, 14) Praktek pembuatan gugatan.

                Nara sumber kegiatan antara lain: Dr Noorjannah Djohantini, M.Si, A. Yuspahrudin BH, Bc.IP, SH, MH, Abdullah Tri Wahyudi, S.Ag, SH, M.Ag. Dr Murfi’a Dewi Wulandari, S.Psi, M.Psi, Dr Sri Gunarsi, MH,  Siti Kasiyati, S.Ag, M.Ag,  Dra Nurul Hidayah, M.Ag, Tafsir, MA, Muh. Zumar Aminudin, S.Ag, MH, Sidik, S.Ag, M.Ag, Alqof Hudaya, SH, Muh Julijanto, S.Ag, M.Ag, Taufik Nugroho, SH, MH, Zaenal Aripin, S.Sy, MH,  dan Ahmad Jalal SH. Dalam kegiatan ini tak ketinggalan Majelis Hukum dan HAM dari PDA Banjarnegara ikut serta. Kegiatan berjalan lancar. (Parijem LPPA PDA Banjarnegara)

  

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari