'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
IGABA Awards dan Motivasi Pendidikan Ramaikan Gebyar Milad 1 Abad TK ABA di Banjarnegara.
25 Oktober 2019 16:45 WIB | dibaca 224

 

         Di Banjarnegara, PDA khususnya Dikdasmen melakukan berbagai kegiatan  dalam rangka memperingati satu Abad TK ABA dan 102 Aisyiyah. Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain: Penilaian PAUD Aisyiyah percontohan, Hand printing siswa Paud ABA se-Banjarnegara, Upacara serentak, Lomba Best practise dan Seminar Nasional, Gebyar Milad di alun-alun, dan IGABA  Awards serta Motivasi pendidikan.

        IGABA Awards dan Motivasi Pendidikan merupakan acara puncak  yang dilaksanakan pada Hari Kamis tanggal 24 Oktober 2019. Acara ini dilaksanakan di Golden Room Hotel Surya Yudha dan dihadiri oleh sekitar 400 orang yang terdiri dari seluruh guru TK ABA, pengurus PDA Banjarnegara, murid yang tampil dan tamu undangan.

        Ketua Dikdasmen PDA Banjarnegara Hj Djuwariyah, S.Ag dalam laporan menyampaikan ucapan terimakasih pada semua pihak sehingga kegiatan bisa terlaksana. Disampaikan juga beberapa kegiatan dan hasil yang sudah dicapai oleh BA Aisyiyah Banjarnegara.

       Bupati Banjarnegara yang diwakili oleh Kepala Dindikpora H Noor Tamami, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan Aisyiyah Banjarnegara. Beliau berharap dan berpesan semangat yang ada semoga bisa menginspirasi pada kita semua. Selain itu pesan yang disampaikan adalah: 1) Siapkan anak-anak generasi kita dengan baik, 2) Bekali anak-anak yang mantap dengan ilmu pengetahuan, 3) Tanamkan anak-anak sikap religius, ketrampilan, akhlak, disiplin, dan kejujuran. Karena anak TK ABA menurut ilmu perkembangan 95 % masih tergantung guru maka keteladanan guru sangatlah penting. Keteladanan tutur kata, senyum, dan sikap sangatlah penting.

       Ketua PDA Banjarnegara Dra Hj Mutmainah Sri Nuryati dalam sambutannya mengingatkan  kita akan konsep pendidikan seperti yang tercantum dalam QS Lukman. Empat faktor pendidikan yang terkandung dalam surat tersebut antara lain akidah, akhlak, ibadah, dan muamalah. Beliau mengajak agar kandungan surat tersebut menjadikan  semangat dan bekal kita dalam berjuang di Muhammadiyah/Aisyiyah karena di Aisyiyah kita tidak mengenal lelah dan berkeluh kesah, selalu berkhidmat untuk negeri. Sementara itu Ketua PDM Banjarnegara Drs H Sobri dalam sambutannya memberikan Apresiasi semoga kegiatan yang dilakukan bisa menjadi amal ibadah dan dakwah. Dengan melihat prestasi yang diraih TK ABA, semoga ke depannya semakin eksis dan punya peran yang lebih besar dalam mentarbiah, mendidik, memberi teladan dan mengarahkan peserta didik menjadi anak yang berakhlakul karimah, punya skill Ketrampilan, berideologi mantap dan kuat serta rajin beribadah. Harapannya terhadap guru - guru BA, semoga semakin tua usia BA semakin eksis dan semakin semangat dalam mendidik generasi kita, didiklah anak-anak kita   dengan kreativitas yang tinggi.

       PWA Jawa Tengah dari Majelis Dikdasmen, Drs Hj Noor Aini dalam sambutan pengarahannya mengajak kita semua dalam menyambut milad 1 Abad TK ABA agar bersyukur secara berjamaah dan memunculkan kegembiraan pada anak-anak dan guru, menerapkan kurikulum Nasional dan pendidikan moral, dan jangan lupa menjadikan Al Islam, Kemuhammadiyahan, dan keaisyiyahan roh dalam pembelajaran. Kepada pemerintah pun diharapkan agar Aisyiyah dilibatkan dalam penyusunan Perda terkait pendidikan.

       IGABA Awards Banjarnegara memberikan penghargaan dalam 5 kategori yaitu BA tertua, PAUD Percontohan, Pengabdi/WB terlama, BA dengan jumlah siswa terbanyak, dan Guru Berprestasi.

      BA Aisyiyah Tertua diberikan pada BA Aisyiyah Tlodas, Sarwodadi, Pejawaran. BA ini berdiri sekitar tahun 1950. Sedangkan Paud Percontohan diberikan pada BA Aisyiyah Petambakan.PAUD Petambakan menjadi juara 1 PAUD Percontohan tingkat Kabupaten dan Juara 2 tingkat Karesidenan Banyumas.

        Pengajar dengan masa kerja 34 tahun diberikan pada Ibu Sugeng dari BA Aisyiyah 3 Batur, masa kerja 33 tahun pada Siti Farhatun dari BA Aisyiyah Kalimandi, Purwareja Klampok. Pengabdi masa kerja 29 tahun diberikan pada Anik Ahsanti, S.Pd.I dari BA aisyiyah Pucang dan Lilik Pujiastuti, S.Pd.I dari BA Aisyiyah Kecepit Punggelan. Pengabdi dengan masa kerja 28 tahun diberikan pada Sri Wahyu Rohmani, S.Pd dari BA Aisyiyah 1 Wanadadi.

      Untuk Lembaga dengan jumlah peserta didik terbanyak diberikan pada  BA Aisyiyah Batur dengan 212 siswa, BA Aisyiyah 1 Banjarnegara dengan 167 siswa, BA Aisyiyah 1 Merden dengan siswa sebanyak 117.

       Penghargaan untuk guru berprestasi diberikan pada: 1) Lilik Retno Fatmawati, S.Pd, juara 2 Guru berprestasi Nasional tahun 2017, juara 2 Propinsi Best Practice, juara 3 Cipta lagu tingkat Propinsi 2) Diah Kumalasari, M.Pd, Juara 3 Nasional cipta gerak dan lagu, Juara 3 sandiwara boneka tingkat kabupaten, dan sebagai ketua IGABA, 3) Santi, S.Pd,AUD, Juara 1 Mendongeng dengan peraga tingkat Nasional, 4) Umi Heni, M.Pd.I, Juara 1 Lomba Pidato tingkat Kabupaten dan juara Harapan 1 Tingkat Propinsi. Dengan pemberian penghargaan tersebut semoga bisa menjadi motivasi bagi yang lain untuk bisa lebih berprestasi.

       Setelah acara pemberian penghaargaan, acara dilanjutkan dengan motivasi pendidikan berupa teknik cara menghafal Hadist dengan Gerakan.Ini merupakan Hasil Best Practice yang ditulis oleh Hulaifah, S.Pd.i dari RA Terpadu An Nahl Jakarta dan Syahidah Mardiyah, LC dari MI Terpadu An Nahl Jakarta.(PariLPPA PDA Banjarnegara)

H. Noor Tamami, M.Pd mewakili Bupati Banjarnegara Memberikan sambutannya

Kolosal Dari Siswa BA Aisyiyah di Banjarnegara

Tamu Undangan pada acara IGABA Awards

 

Hj Noor Aini, S.Pd dari Dkdasmen PWA Jawa Tengah

 

 

 

 

Shared Post:
Berita Terkomentari