'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Cetak Relawan Bencana yang Tangguh dan Tanggap PDA Banjarnegara Selenggarakan Pelatihan Relawan Penanggulangan Bencana
30 September 2019 20:26 WIB | dibaca 98

 

Cetak Relawan Bencana yang Tangguh dan Tanggap

PDA Banjarnegara Selenggarakan Pelatihan Relawan Penanggulangan Bencana

 

            Kabupaten Banjarnegara sangat rawan dan potensi dengan berbagai bencana. Berbagai bencana sering terjadi di Banjarnegara antara lain: Tanah longsor, angin ribut, kekeringan, banjir, gas beracun, dll.  Saking banyaknya bencana yang terjadi tak heran bila Banjarnegara sering dijuluki “supermaket Bencana”. Pimpinan Daerah Aisyiyah Banjarnegara pada Ahad 29 September 2019 menyelenggarakan Pelatihan Relawan LHPB (Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana). Kegiata ini dimotori oleh Lembaga LHPB. Kegiatan diikuti oleh 100 orang yang merupakan pengurus PDA dan perwakilan pengurus cabang Aisyiyah se-daerah Banjarnegara. Kegiatan pelatihan dilaksanakan di Gedung Aisyiyah yang lama di Jalan Pemuda Banjarnegara.

                Dra Siti Januariyah  selaku Ketua Penyelenggara menyampaikan  bahwa kegiatan pelatihan relawan LHPB ini terlaksana atas kerja sama lintas majelis  dan biaya gotong royong. Tema pelatihan adalah Aisyiyah Tanggap dan  tangguh Bencana. Sedang maksud dan tujuan pelatihan adalah: membentuk relawan LHPB yang tanggap dan tangguh, meningkatkan pengetahuan tentang lingkungan hidup dan penanggulangan bencana, dan meningkatkan usaha penanggulangan bencana.

        Ketua PDA Banjarnegara Dra. Mutmainah Sri  Nuryati dalam sambutannya menyampaikan  walaupun banyak sekali  kegiatan yang harus dilaksanakan oleh ibu-ibu Aisyiyah tetapi hendaknya kita selalu ikhlas dalam melakukannya. Selain itu peserta juga diharapkan senantiasa memperkuat jamaah, jangan mudah putus asa dan selalu meningkatkan Amar Maruf nahi Munkar.

            Nara sumber pelatihan berasal dari PWA Jawa Tengah dan dari dinas terkait yaitu BPBD dan MDMC  Banjarnegara. Dr Chusnul Hayati dan Dra Lilik Tri Prihantini dari PWA, Drs Arief Rahman, ST, M.Si dari BPBD Banjarnegara dan Suprihno dari MDMC Daerah Banjarnegara.

    Materi pelatihan  meliputi Kebijakan Pemerintah berkaitan dengan Bencana, Pengelolaan Sampah, Dapur Umum, dan Managemen Kebencanaan.

    Berbagai  hal disampaikan oleh  nara sumber berkaitan dengan cara menjaga lingkungan dan menangani bencana. Berkaitan dengan lingkungan hal yang menjadi problema sangat besar di Indonesia adalah tentang sampah. Bahkan hasil survei dan Penelitian menyatakan  bahwa Indonesia merupakan penghasil sampah terbesar nomor dua setelah Tiongkok. Menyikapi hal tersebut diharapkan warga Aisyiyah mulai dan menjadi contoh dalam pengurangan penggunaan plastik. Biasakan bawa tempat minum dan makan dari rumah, belanja bawa tas dari rumah dan beralih ke pembungkus makanan yang alami.  Mari kita mulai dari diri kita sendiri hal tersebut. (Parijem, LPPA PDA Banjarnegara).

 

Drs Arief Rahman, ST.M.Si Nara sumber dari BPBD Banjarnegara

 

Dr  Chusnul Hayati, Nara sumber dari PWA Jawa Tengah

 

Peserta Peatihan Relawan LHPB Banjarnegara

 

Shared Post:
Berita Terkomentari