'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
BERITA PELATIHAN TEPUNG MOKAF
04 Mei 2017 21:12 WIB | dibaca 404

PELATIHAN PRODUK OLAHAN TEPUNG MOCAF DI BANJARNEGARA

       Beberapa waktu yang lalu, tepatnya Hari Sabtu tanggal 1 April 2017 PDA Banjarnegara bekerja sama dengan MPM ( Majelis Pemberdayaan Masyarakat) Muhammadiyah Banjarnegara mengadakan  Pelatihan Produk Olahan Tepung Mocaf.

Pelatihan diikuti oleh sekitar 90  orang  terdiri dari ibu-ibu unsur Aisyiyah dan NA se-Kabupaten Banjarnegara. Pelatihan bertujuan untuk memberikan bekal ketrampilan pada peserta membuat berbagai makanan olahan dari tepung Mocaf. Tepung Mocaf merupakan tepung yang dibuat dari bahan baku berupa singkong.  Tanaman singkong di Kabupaten Banjarnegara merupakan tanaman yang sangat merakyat dan bisa tumbuh dimanapun baik di dataran rendah maupun di pegunungan. Dengan pelatihan ini diharapkan peserta bisa lebih terbuka wawasannya agar bisa memaksimalkan pemanfaatan singkong menjadi produk makanan yang lebih berkualitas, bergizi dan bernilai jual yang tinggi.

Pelatihan dengan tema  Jihad Menegakkan Kedaulatan Pangan ini dilaksanakan di Gedung Aisyiyah Banjarnegara. Pelatihan ini boleh dikatakan bersifat gratis karena kontribusi dari peserta Rp 15.000,00 dikembalikan ke peserta berupa snack dan makan siang. Kegiatan pelatihan ini sangat menarik, peserta antusias mengikuti kegiatan sampai selesai. Kagiatan pelatihan ini juga mendapat apresiasi dari berbagai pihak anatara lain dari Dinas Ketahanan Pangan Banjarnegara.

Selama ini olahan singkong baru seputar: singkong rebus, kripik, manggleng, cimplung, cemplon dan gethuk. Dengan diolah menjadi tepung maka singkong ini bisa disulap menjadi berpuluh-puluh makanan aneka makanan menarik dan memiliki prospek yang lebih baik. Harapan ke depan semoga  dengan memasyarakatnya tepung mocaf dan makin banyaknya penggunaan tepung mocaf ini bisa mengurangi penggunaan tepung terigu dan pada akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan petani singkong di Banjarnegara. Semoga. ( By Parijem, LPPA  Banjarnegara)

 

 

Shared Post:
Berita Terkomentari